Penyalahgunaan limbah rumah sakit yang tidak terurai

I. hal penting yang harus di perhatian tentang masalah limbah rumah sakit yang tidak terurai dan penyalah gunaan limbah medis 

Rumah sakit bersih adalah tempat pelayanan kesehatan yang dirancang, dioperasikan dan dipelihara dengan sangat memperhatikan aspek kebersihan bangunan dan halaman baik fisik, sampah, limbah cair, air bersih, dan serangga/binatang pengganggu. Namun menciptakan kebersihan di rumah sakit merupakan upaya yang cukup sulit dan bersifat kompleks berhubungan dengan berbagai aspek antara lain budaya/kebiasaan, prilaku masyarakat, kondisi lingkungan, sosial dan teknologi.
Jika di bandingkan dengan institusi lain mungkin jenis sampah dan limbah rumah sakit adalah yang terkomplit, tempat yang paling banyak di kunjungi oleh masyarakat ketika sakit ini mengeluarkan berbagai jenis sampah dan limbah. Masyarakat di dalam lingkungan rumah sakit yang terdiri dari pasien, pengunjung dan karyawan memberikan kontribusi kuat terhadap pengotoran lingkungan rumah sakit. Aktivitas pelayanan dan perkantoran, pedagang asongan, prilaku membuang sampah dan meludah sembarangan, prilaku merokok dan sejumlah barang atau bingkisan yang dibawa oleh pengunjung/tamu menambah jumlah sampah dan mengotori lingkungan rumah sakit.


Beberapa waktu lalu, pemberitaan mengenai sampah medis yang ditemukan di pasaran sebagai mainan anak-anak, menjadi perhatian publik. Seperti diketahui bahwa seharusnya sampah medis seperti alat infus, alat suntik, dan sarung tangan harus dimusnahkan setelah digunakan, jangan sampai jatuh ke tangan masyarakat dan dilarang untuk dipergunakan kembali atau bahkan didaur ulang menjadi bahan produksi mainan anak-anak.
Jika anak-anak sudah terkontaminasi dan terjangkit penyakit HIV atau hepatitis melalui sampah medis tersebut, dalam kurun beberapa waktu, dapat terjadi persoalan kualitas SDM Indonesia menurun, yang mengartikan bahwa anak-anak adalah generasi bangsa. Kemuudian masalah tersebut akan mewabah pada masalah-masalah lainnya seperi kesenjangan social dan ekonomi, karena biaya penyembuhan yang sangat mahal.
Bukan saja sekedar mainan anak, bahayanya sampah medis sehingga benar-benar harus dimusnahkan, karena mengandung bakteri-bakteri dan berbagai virus. Bahkan, terdapat bakteri dan virus yang sulit untuk dimusnahkan, misalnya saja bakteri (?) dan virus (?).
Pada kesempatan ini  PT. Biofive Sejahtera Indonesia , mengajak seluruh Rumah Sakit di mana pun, untuk menggunakan IPAL Medis untuk mengolah limbah tersebut, agar bakteri yang terkandung di dalam limbah medis  tersebut , dapat di olah sehingga limbah sudah layak buang dan tidak dapat merusak dan membahayakan lingkungan lagi.
Untuk IPAL Medis , kami ada 2 jenis prose pengolahan nya , antara lain :
  1.  IPAL Medis + multifilter 
IPAL Medis + multifilter adalah alat pengolah limbah rumah sakit/ puskesmas/ klinik, yang hasil olahan limbah nya sudah dapat di buang secara layak dan lolos dari hasil uji laboratorium
2.  IPAL Medis + Ultrafiltration machine
IPAL Medis + Ultrafiltration machine adalah alat pengolah limbah rumah sakit /puskesmas/ klinik , yang hasil olahanya dapat di gunakan lagi , bukan hanya layak buang , hasil olahan dari IPAL Medis Biofive ini dapat di gunakan lagi, untuk ngepel lantai, siram tanaman , cuci mobil , dan untuk mengisi kolam ikan. Tetapi , jika air olahan limbah tersebut inin di gunakan lagi untuk mengisi kolam ikan, maka jangan gunakan  bubuk bakteri ( bubuk pengurai limbah) dan tablet disinfekan secara berlebihan.

Untung sekali kan jika kita menggunakan IPAL Medis dari Biofive ?
Untuk info lebih lanjut seputar
IPAL Medis
hubungi : meylina 081535341635 ( WA ONLY) || 081316766585

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Septic tank ramah lingkungan MURAH Berkualitas , Free ongkir jakarta

PENGERTIAN TOILET PORTABLE

Mengetahui apakah itu fiberglass